Taipan Rusia menggugat penerbit dan reporter Reuters atas buku Putin

FOTO FILE: Sepak Bola – Final Liga Europa – Chelsea v Arsenal – Baku Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan – 29 Mei 2019 Pemilik Chelsea Roman Abramovich di tribun sebelum pertandingan REUTERS / Phil Noble

(Reuters) – Taipan Rusia Roman Abramovich menggugat penerbit HarperCollins atas sebuah buku baru-baru ini yang melaporkan bahwa dia membeli Klub Sepak Bola Chelsea Inggris atas arahan pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Pengacara Abramovich, yang berbasis di London, mengeluarkan pernyataan yang menuduh “sejumlah klaim palsu dan memfitnah” dalam “Rakyat Putin,” sebuah sejarah pemerintahan Putin yang diterbitkan tahun lalu oleh Catherine Belton, sekarang menjadi koresponden Reuters yang berbasis di London.

Pernyataan tersebut, oleh firma hukum Harbottle & Lewis, mengatakan bahwa buku itu “secara keliru menuduh bahwa klien kami telah bertindak korup, dan membuat klaim palsu tentang pembelian klien kami, dan aktivitas, Klub Sepak Bola Chelsea.” Pernyataan pengacara tidak merinci lebih lanjut tentang klaim Abramovich.

Seorang mantan asisten Putin, Sergei Pugachev, mengatakan kepada Belton bahwa Putin melihat akuisisi Chelsea sebagai peluang untuk meningkatkan profil Rusia dan meningkatkan pengaruhnya.

HarperCollins mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya dan Belton akan “dengan tegas” melawan gugatan tersebut dan membela “hak untuk melaporkan masalah kepentingan publik yang cukup besar.” Buku itu, HarperCollins berkata, “adalah karya yang berwibawa, penting, dan bersumber dengan cermat tentang Rusia kontemporer.”

Buku Belton menceritakan kebangkitan Putin dan lingkaran sesama mantan anggota KGB, agen mata-mata era Soviet, setelah runtuhnya Uni Soviet.

Pelaporan oleh Michael Williams. Diedit oleh Janet McBride

Source